Satpol-PP Lambar Tertibkan Pedagang di Trotoar Seputaran Taman Ham Tebiu

Satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) Kabupaten Lampung Barat, langsung  melakukan penertiban pedagang buah musiman di sepanjang trotoar yang berada di depan Kios Buah, dan Taman Kota Hamtebiu, Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Lampung Barat, pasca menerima keluhan dari warga.

Dalam penertiban tersebut,  personel Satpol-PP yang dipimpin langsung oleh Plt. Kasatpol-PP Henry Faisal, S.H, M.H., tidak melakukan tindakan represif dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) ketertiban umum nomor 15 tahun 2013 tersebut, namun instansi pengawal Perda tersebut lebih mengutamakan langkah pendekatan persuasif.
Henry mengungkapkan, apapun alasannya bermjualan di atas trotoar itu tidak diperbolehkan,  sebab trotoar peruntukannya adalah untuk pejalan kaki. Terlebih trotoar di sepanjang taman kota hamtebiu, hingga depan kios buah itu ramai digunakan oleh pejalan kaki.

”Pada pedagang yang menggelar dagangannya di atas trotoar tersebut merupakan pedagang musiman, yang memang pada saat-saat tertentu seperti sekarang ini sedang musim buah durian dan duku, banyak pedagang dari berbagai daerah tidak hanya dari Lambar berjualan di Kota Liwa, dan kami beri waktu 1x24 jam ketika besok di cek masih seperti sekarang maka akan kami tindak,” ungkapnya.

Lanjut Henry, dengan adanya pedagang yang berjualan di atas trotoar tentu tidak hanya menghambat para pejalan kaki, namun juga akan mengganggu keindahan kota Liwa, yang  kini menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak hanya wisatawan  lokal namun  juga datang dari berbagai daerah.

”Fokus pemerintah daerah salah satunya penataan kota, dan  kami dari Satpol-PP berkomitmen untuk mendukung itu,  terlebih larangan  untuk berjualan di  atas trotoar  memang dilarang dan itu melanggar Perda tentang ketertiban umum,”  tegasnya.

Lebih lanjut Henry mengungkapkan,  ia mengimbau kepada seluruh pedagang untuk tertib  dan  tidak menganggu ketertiban umum, sehingga kota Liwa akan tetap indah serta memberikan rasa aman dan nyaman baik. ”Untuk saat ini kami lakukan langkah persuasif, tetapi ketika memang  imbauan-imbauan kami tidak diindahkan maka tindakan tegas akan kami lakukan,” imbuhnya. (nopri)












Satpol-PP Lambar Tertibkan Pedagang di Trotoar Seputaran Taman Ham Tebiu

Posting Komentar

0 Komentar