Info Terbaru
recent

Lomba Finger Painting 2015 PAUD Se-Lampung Barat

Lomba Finger Painting dalam rangka HUT  HIMPAUDI Ke-10 dan HUT Lampung Barat ke-24 Tahun 2015 digelar di Lokasi Liwa Fair 2015 pada hari Rabu, 07 Oktober 2015. Lomba Finger Painting 2015 dengan peserta perwakilan PAUD Se-Lampung Barat dan dihadiri oleh Dra. Hj. Helwiati Mukhlis Basri Bunda PAUD Kabupaten Lampung Barat.

Ratusan pelajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK dari perwakilan seluruh Kecamatan yang ada di kabupaten LambarRabu 07/10 mengikuti lomba mengambar. Kegiatan yang dipusatkan di Stan Liwa Fair tersebut bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) ke 10 (sepuluh) dan HUT Lambar yang ke 24, yang dihadiri Ketua HIMPAUDI dan Bunda Paud Dra. Helwiyati Komala  Dewi Mukhlis Basri, Ibu wakil Bupati Lambar, Kepala Dinas Pendidikan , Kadis Perikanan, Ibu ketua Darma wanita, Ketua TP PKK, Dewan Juri dan pendamping Paud serta Undangan Lainnya.

Bunda Paud Dra. Helwiyati Komala Dewi Mukhlis Basri mengatakan pembentukan karakter individu-individu yang bermoral tinggi, berkualitas dan berakhlak mulia dimulai sejak usia dini. Sebab, pada usia pertumbuhan anak-anak mengalami proses telah pengetahuan dan memori yang luar biasa dalam pribadi-pribadi yang unggul di masa mendatang. Untuk itu, peran aktif dan positif dari keluarga khususnya tenaga pendidik pada jenjang usia dini sangat penting dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang terbaik. Sehingga, anak-anak kita kelak dapat tumbuh menjadi generasi muda yang memiliki daya saing tinggi dan maju di masa depan.

Oleh karenanya, lanjut Bupati, tema tema “Ayo Makan Ikan Agar Tubuh Sehat,Kuat dan Cerdas”dirasa sangat tepat, serta diharapkan agar kita semua dan orangtua dapat memberikan perhatian kepada anak, khususnya nutrisi bagi pertumbuhan anak. Agar generasi penerus bangsa dapat di andalkan di masa mendatang maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja tetapi juga mempunyai mental dan prilaku atau ahlak yang baik, asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan membentuk kecerdasan anak. Kehalalan makanan sangat berpengaruh terhadap mental dan prilaku atau ahlak anak. Tentunya bertujuan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya PAUD dan makan ikan untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak dari protein yang di hasilkan ikan.

pihaknya sangat mendukung dengan dilaksanakannya lomba Finger Painting untuk anak Paud/TK karena kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk menumbuhkan minat dan budaya kreatifitas anak usia dini yaitu dari Paud dan Taman Kanak-Kanak. Dimasa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama yang bermuara pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat, cerdas dan mandiri.

“Pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, salah satunya untuk melatih kemampuan berbahasa, bersikap, berfikir untuk mengenbangkan budi pekerti, kepekaan serta meningkatkan kedisiplinan dan memberikan pelayanan secara optimal pada anak usia dini. Untuk itu dengan kegiatan ini di harapkan dapat memotifasi dalam membangun pradaban anak yang tinggi dan mulia, oleh karena itu kita harus mempersiapkan anak-anak kita, remaja kita, generasi muda kita untuk pada saatnya nanti telah siap membangun bangsa, negara serta daerahnya yang maju dan sejahtera”, Ungkapnya.

Oleh karena itu, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan  baik terhadap keluarga. Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan untuk selalu mengkonsumsi ikan, dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang di kandung ikan berkwalitas tinggi.

Ketua Pelaksana Kegiatan Vera Leli Sitomoran SE menyampaikan pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap serta keterampilan anak. Oleh karena itu HIMPAUDI berharap dengan adanya kegiatan lomba tersebut menumbuhkan kecintaan anak terhadap pentingnya mengkonsumsi ikan serta meningkatkan daya imajinasi dan juga kreatifitas anak.

Pihaknya juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Finger Painting adalah untuk meningkatkan minat bakat anak Paud dan mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak dan untuk kegiatan gemar ikan bertujuan untuk memasyarakatkan ikan sebagai sumber protein bagi anak-anak.  Lomba Finger Painting di harapkan agak anak-anak dapat terlatih motoriknya dan menjadi permainan yang menyenangkan dan di sukai anak karena bisa bereksplorasi dengan warna, serta pada Gemar Ikan di harapkan anak-anak untuk gemar makan ikan setiap hari supaya tubuh kita tambah kuat, sehat dan cerdas.

Pihaknya juga berharap lomba finger painting ini anak dapat terlatih motoriknya dan menjadi permainan yang menyenangkan dan disukai anak karena bisa bereksplorasi dengan warna tentunya juga dengan gemar ikan diharapkan agar anak-anak untuk gemar memakan ikan setiap hari supaya tubuh sehat tambah kuat dan juga cerdas.

Selain itu  dalam kesempatan tersebut pihaknya mengatakan jumlah anak paud formal dan non formal (TK dan kelompok bermain berjumlah 100 siswa yang merupakan lembanga Paud dari Kabupaten Lambar.

Adapun pemenang lomba finger painting yaitu  juara I diraih oleh Kalla Buana Negara dari TKN II Baba , juara II di raih Oleh  Dina Gretin S. TKN II Baba dan juara III Anggun Rahmawati dari TK Nurul Islam. Kemudian  juara Harapan I Nabila TKN I Baba , Juara harapan II di raih oleh Moza Nova Joniar dari TK Nurul Islam, Harapan III diraih Oleh Azzulfa Shafina dari TKN Batu Brak.

Selanjutnya  Juara I Tingkat Paud di raih oleh Rival Dewa Pami  dari Paud Tunas harapan , juara II di raih oleh  Istiqomah dari Paud Tunas Bangsa, juara III di raih oleh Zeovan Ilham FA dari Paud Al-Ikhlas , juara harapan I diraih oleh Bahrul Ulum dari Paud  Mutiar Bunda, juara II diraih oleh Sona  Aditiya dari paud Kasih Ibu, juara harapan III di raih oleh Maulida dari paud Tunas Bangsa. Dan pemenang lomba tersebut mendapatkan hadiah berupa Uang pembinaan yang secara langsung di serahkan oleh Ketua Himpaudi sekaligus Bunda Paud Dra. Hj. Helwiyati Komala Dewi Mukhlis Basri di damping oleh anggota Himpaudi lainnya.

Gallery Foto Lomba Finger Painting 2015 PAUD Se-Lampung Barat





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.