Info Terbaru
recent

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Lambar Ke-24 Tahun 2015

Tanggal 24 September merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Kabupaten Lampung Barat. Karena pada tahun ini (2015) Kabupaten dengan julukan “Bumi Beguai Jejama Sai Betik” ini telah genap berusia 24 tahun.

Memasuki usia yang ke-24 pada 24 September 2015, Kabupaten Lampung Barat akan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahunnya. Berbagai kegiatan menurut rencana akan dihelat dan melibatkan seluruh masyarakat Lampung Barat.  Untuk tahun 2015 ini peringatan HUT Lambar ke-24 akan digelar berbagai kegiatan yang bertajuk “Liwa Nayuh” dengan tema “Ayo Kerja!!! Kita Tingkatkan Pembangunan Ekonomi Pedesaan yang Berkelanjutan dan Berdaya Saing”. “Tema ini selaras dengan semangat dan slogan peringatan HUT RI yang ke-70 tahun 2015. Hal ini juga menunjukkan bahwa Lambar terus berupaya untuk mendukung dan melaksanakan program pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan dan daya saing masyarakat khususnya di Lambar.

Peringatan HUT Lambar ke-24 tahun 2015 ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Antara lain pada Tanggal 2-17 September Olahraga prestasi, Sepak Bola mengawali rangkaian kegiatan HUT Lambar ke-24.  Kegiatan tournamen sepakbola U-21 Bupati Cup ini diikuti oleh 32 kesebelasan yang berasal dari seluruh club anggota PSSI Kabupaten Lampung Barat. Saat pembukaan tournamen telah diawali dengan pertandingan exibisi antara Forkopimda dan anggota DPRD melawan kepala SKPD. Tournamen ini akan memperebutkan piala, dan uang pembinaan sebesar Rp 11.500.000,- dengan rincian Juara I Rp 5 juta, Juara II Rp 3 juta, Juara III 2 juta, dan Juara IV Rp 1 juta dan untuk top skor Rp 500.000,-.  Partai puncaknya akan berlangsung pada tanggal 22 September setelah digelarnya upacara dan ramah tamah.  Selain tournamen juga telah digelar lomba Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2015,  yang start di Jalur dua Pemkab dan Finish di Lapangan Merdeka Liwa.  Lomba PBB ini memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan dengan rincian Juara I Rp 4 Juta+tropy, Juara II Rp 3 juta+tropy, dan Juara III Rp 2 juta+tropy serta juara favorit Rp 1 juta.

Selanjutnya Lomba kreativitas anak yang diselenggarakan pada Senin, 14 September 2015 di Kantor Perpustakaan Daerah dengan rangkaian kampanye/promosi perpustakaan dan pencanangan gerakan nasional gemar membaca oleh Bupati, Kemudian Lomba Mewarnai TK dan SD, pada Selasa, 15 September 2015 akan diadakan Lomba Bercerita Rakyat Lampung berbahasa Lampung untuk SD, sedangkan Lomba Pidato berbahasa Inggris untuk Siswa SMP dan SLTA pada Hari Rabu, 16 September 2015, dimana untuk lomba tingkat sekolah ini akan diikuti oleh seluruh sekolah SD dan SMP yang ada di Lampung Barat.

Selanjutnya masih pada hari yang sama Rabu, 16 September 2015  berbagai kegiatan lainnya yang di gelar yaitu Liwa Coffee Festival sekaligus upaya untuk pemecahan Rekor Muri 1000 Tungku kopi yang gemanya berskala nasional dalam upaya pemecahan rekor Muri. Kegiatan Liwa coffee Festival ini akan diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Lampung Barat yang akan dilaksanakan di Pekon Gunung Terang Kecamatan Air Hitam.  Di pilihnya Pekon Gunung Terang karena merupakan pusat klaster kopi, tempat kopi organic serta di Kecamatan Air Hitam ini merupakan kawasan perkebunan kopi terbesar di Lampung Barat. Dalam kegiatan tersebut Lampung Barat menargetkan pecahkan rekor Muri 1000 tungku kopi, dimana selama ini rekor tersebut dipegang oleh Kabupaten Kintamani Provinsi Bali yang baru 735 tungku.  Diharapkan dengan terpecahkannya rekor Muri tersebut, Lampung Barat akan lebih dikenal melalui produksi kopinya.

Selanjutnya pada 17-18 September 2015 diselenggarakan Lomba Cipta Menu dilaksanakan pada Kamis, 17 September 2015 di GSG Pemkab Lambar yang diikuti oleh TP PKK seluruh kecamatan dan Dharma Wanita Lampung Barat.  Kegiatan ini akan dibuka oleh Ketua TP PKK Dra. Hj. Helwiyati Komala Dewi.

Sementara untuk Donor Darah, Olah Raga Non Prestasi, dan Lomba Asah Terampil akan dirangkai menjadi satu pada hari Jum,at, 18 September 2015. Untuk oleh raga tradisional akan diikuti oleh seluruh SKPD dan instansi vertikal dilingkungan Pemkab Lampung Barat dengan kegiatan berupa futsal ibu-ibu, lomba lari karung, lomba memasukkan belut dalam botol.  Sedangkan untuk lomba asah terampil akan diikuti peserta yang dibagi menjadi dua kategori yaitu Kelompok Tani dan Kelompok Tani Wanita dimana masing-masing kecamatan akan mengirimkan tim pada masing-masing kategori.  

Kemudian pada tanggal 19 September 2015 akan diselenggarakan Trail Adventure Team yang akan diikuti peserta selain dari komunitas trail dari seluruh Kabupaten/Kota Propinsi Lampung, juga akan diikuti komunitas trail dari Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, dan Bengkulu.

Diharapkan dengan adanya Trail Adventure team, Lampung Barat akan lebih dikenal dalam skala nasional dan internasional. Diperkirakan trail adventure team ini akan diikuti oleh sekitar 1000 peserta. Untuk start dan finish di Lapangan Merdeka dengan panjang rute 35 Km yang akan melewati dua kecamatan.  Dalam hal ini panitia telah menyiapkan doorprize 2 unit sepeda motor, kulkas, televisi, mesin cuci dan puluhan doorprize menarik lainnya.

Sementara pada tanggal 20 September 2015 akan digelar Jalan Sehat, Sepeda Santai, dan Sepeda Gunung yang akan diikuti oleh peserta dari pegawai, pelajar dan masyarakat umum, dimana panitia mempersiapkan doorprize sepeda motor, kulkas, mesin cuci, televisi, kompor gas dan hadiah hiburan lainnya.  Rute yang akan dilalui start di Lapangan Merdeka dan finish di Lapangan Pemkab. Pada tanggal 22 September 2015 akan dilaksanakan Upacara bendera dalam rangka HUT Lampung Barat ke-24, yang dilanjutkan dengan Ramah tamah dan pemberian penghargaan.

Disamping itu peringatan HUT Lampung Barat ke-24 tahun ini akan digelar pengajian akbar yang dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2015 yang menghadirkan ustad kondang dari Jakarta Ust. Arifin Ilham.  Peringatan HUT Lambar ke-24 tahun 2015 ini juga akan digelar pameran pembangunan, pembukaan Liwa Fair dan Festival Skala Brak, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai dengan 9 Oktober 2015. Liwa Fair ini merupakan kegiatan promosi pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Barat. Momentum pameran promosi pembangunan diharapkan dapat dijadikan ajang untuk mempromosikan Lampung Barat dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Even pameran seperti ini merupakan salah satu ajang promosi dan strategi yang ditempuh bagi pelaku usaha yang ada di Lampung barat untuk mempromosikan berbagai produk-produk unggulan daerah, peluang investasi dan berbagai kegiatan ekonomi kreatif di Kabupaten Lampung Barat pada berbagai even pameran produk unggulan baik ditingkat daerah, nasional bahkan internasional.

Selain itu Liwa Fair 2015 ini dalam rangka menggali potensi alam dan budaya Lampung Barat serta membangkitkan gairah bagi dunia usaha dan juga sebagai media hiburan bagi masyarakat Lampung Barat. Tujuan penyelenggaraan Liwa Fair 2015 tersebut adalah untuk mempromosikan kepada masyarakat luas baik diluar kabupaten maupun dalam kabupaten mengenai produk-produk unggulan, potensi dan peluang investasi, industri kreatif dan seni dan budaya serta memberikan informasi mengenai program prioritas dan hasil-hasil pembangunan dan potensi daerah yang telah dicapai.  Dan puncak dari peringatan HUT Lambar ke-24 tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2015 dengan kegiatan Himpun Adat, peletakan batu pertama pembangunan Stadion Mini Liwa, Pawai Budaya, Sekura Cakak Buah, dan pagelaran musik yang dimeriahkan oleh penyanyi dangdut Zaskia Gotik dan artis-artis KDI dari Jakarta.

Dengan adanya HUT Lambar ini kita berharap menjadi moment evaluasi bagi seluruh elemen dan aparat pemerintah dilingkungan Pemkab Lambar sejauh mana selama ini telah melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan rakyat.  Begitu juga bagi masyarakat mengenai proses pembangunan dan diharapkan kedepan banyak hal yang akan diperbaiki sekaligus tekad bersama guna mempercepat pembangunan demi kemakmuran rakyat. Selama ini pembangunan di Kabupaten Lampung Barat sudah banyak kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga diharapkan peran serta dukungan dari semua lapisan masyarakat guna memajukan Kabupaten Lampung Barat Bumi Beguai Jejama Sai Betik yang kita banggakan dan kita cintai ini.  Dan diharapkan peran semua masyarakat untuk menyukseskan rangkaian acara HUT ke-24 Kabupaten Lampung Barat tahun 2015 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.