Info Terbaru
recent

Peringatan GN-BBGRM Ke-13 dan HKG PKK Ke-44 Lampung Barat

GERAKAN NASIONAL BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (GN-BBGRM) XIII DAN HARI KESATUAN GERAK (HKG) PKK KE-44 TINGKAT KABUPATEN LAMPUNG BARAT

AIR HITAM - Pemerintah Kabupaten Lambar melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan pemerintahan Pekon (BPMPP) memperingati Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (GN-BBGRM) XIII Dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-44 Tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2016, yang di hadiri Bupati Lampung Barat Drs Mukhlis Basri MM, Wakil Bupati Makmur Azhari, Ketua Tim Penggerak PKK Dra. Helwiati komala dewi mukhlis basri, beserta wakil ketua PKK Yulia Makmur, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yulita Nirlan, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala SKPD ,Camat, peratin dan undangan lainya. Acara tersebut dilaksanakan di pekon Semarang Jaya Kecamatan Air Hitam Kamis ( 12/05).

Dalam Sambutanya Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri Mm Menyampaikan Melalui Gerakan Nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  KE-XIII Dan Hari Kesatuan Gerak (Hkg) Pkk Ke-44 Mari  “Kita Daya gunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa”.

Sesuai Dengan Tema Kegiatan Kita Pada Hari Ini, Keberadaan Lembaga Kemasyarakatan Dan Perannya Dalam Kepemerintahan Desa Mempunyai Tugas Menyusun Rencana Pembangunan Secara Partisipatif, Menggerakkan Swadaya Gotong Royong Masyarakat, Melaksanakan Dan Mengendalikan Pembangunan. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kemudian dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi yaitu penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan, penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam kerangka memperkokoh negara kesatuan republik indonesia; peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat; penyusunan rencana, pelaksanaan, pelestarian dan pengembangan hasil-hasil pembangunan secara partisipatif; menumbuhkembangkan dan penggerak prakarsa, partisipasi, serta swadaya gotong royong masyarakat; dan penggali, pendayagunaan dan pengembangan potensi sumber daya alam serta keserasian lingkungan hidup.

“Dengan jiwa dan semangat gotong royong yang telah turun temurun mengakar dalam kehidupan masyarakat,  senantiasa menjadikan masyarakat lokal hidup rukun dan damai, penuh kekeluargaan, keakraban, serta bahu membahu membangun kehidupan bersama dalam keanekaragaman”, Jelasnya.

Bupati berharap agar  segenap kaum ibu, para Kader PKK untuk semakin memadukan gerak langkahnya dengan pemerintah serta para pemangku PKK untuk bersinergi bersama jajaran perangkat daerah Kabuapetn Lambar dalam mengantisipasi masalah sosial serta meningkatkan perekonomian keluarga. “Selaku mitra kerja pemerintah, diharapkan peran pkk dengan dukungan optimal dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah bisa berperan penting mendukung peningkatan ekonomi keluarga, pendidikan anak, serta gizi bagi anak”, Tutupnya.

Sementara dalam laporannya Ketua pelaksana kegiatan Kepala BPMPP Drs. Ibrahim Amin yang dibacakan oleh Assisten I Adi Utama mengatakan maksud  bulan bakti gotong royong adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat  berdasarkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta memelihara hasil pembangunan.

Sementara maksud Hari Kesatuan Gerak adalah meningkatkan peran serta keluarga dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan masyarakat, dengan tujuan meningkatkan pemahaman segenap jajaran tim penggerak PKK masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam dalam rangka memberdayakan masyarakat dan meningkatkan motivasi kader PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program PKK dan mendukung kegiatan PKK dalam mencapai kesejahteraan keluarga.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan bibit ikan, bibit padi dan bahan penunjang peternakan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dari IV cabang perlombaan  sepuluh program pokok PKK.

Untuk lomba Dasa Wisma pelaksana terbaik diraih oleh Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya, Pelaksana terbaik II Pekon Lumbok Selatan, Kecamatan Lumbok Seminung dan pelaksana terbaik III diraih oleh Pekon Kegeringan Kecamatan Batu Brak. Sementara Lomba KDRT Juara I diraih oleh Pekon Tugu Sari Kecamatan Sumber Jaya, disusul oleh Pekon Sumber Alam Kecamatan Air Hitam dan juara III Pekon Turgak Kecamatan Belalau.

Selanjutnya Lomba UP2K Juara I diraih Pekon Sukajaya Kecamatan Sumber Jaya, Juara II Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa dan juara III Pekon Bumi Hantatai Kecamatan BNS. Dan terakhir lomba Pemanfaatan Pekarangan Juara I Pekon Sukajaya Kecamatan Sumber Jaya, Juara II Pekon Luas Kecamatan Batu Ketulis dan Juara III Pekon Suka Marga Kecamatan Suoh. (Teks : Humas LB)


Dokumentasi Foto Peringatan GN-BBGRM Ke-13 dan HKG PKK Ke-44 Lampung Barat










Dok. Foto : Zukron, Awaluddin
Video : Zukron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.